Produk Diet Kopi Jadi Tren Tipuan Baru Di Instagram

Produk Diet Kopi Jadi Tren Tipuan Baru Di Instagram

Topikberta – Sebagai sosial media yang banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia, Instagram jadi tempat berpromosi. Salah satunya produk makanan diet yang viral.

Tren produk kesehatan di Instagram nampaknya sudah mulai beralih ke tipuan marketing. Produk vitamin Gummy Bears atau teh, yang dikatakan dapat membantu memangkas berat badan dalam waktu seminggu, sepertinya hanya tipuan belaka.

Dilansir New York Post (21//05), tren produk kopi yang bisa menurunkan berat badan tengah viral di Instagram. Kebanyakan produk ini menjadi viral, setelah selebgram, influencer, atau selebriti dibayar untuk mempromosikan produk ini di akun Instagram mereka.

Menurut ahli gizi Josh Reed, penting untuk mengerti efek samping dari suplemen atau produk kesehatan yang kita konsumsi. Seperti contohnya, campuran raspberry ketones yang sering digunakan dalam produk diet, sebenarnya hanya pernah diuji coba kepada hewan seperti tikus.

Penurunan berat badan yang dijanjikan oleh produk kopi ini, hanya bisa diraih jika diimbangi dengan gaya hidup sehat. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam penurunan berat badan, ketika mengonsumsi produk-produk ini,” jelas Josh.

Sebaliknya, bahan-bahan yang terdapat dalam kopi ini justru dapat menyebabkan efek samping yang merugikan untuk tubuh. Seperti gangguan pencernaan, rasa cemas berlebih, iritasi, kurang tidur, hingga potensi kerusakan hati.

Selain itu, menurut ahli diet Stefanie Valakas, produk ini umumnya memiliki kandungan zat
untuk menekan nafsu makan. Sehingga indera rasa lapar di tubuh akan terganggu.

Penelitian menunjukkan bahwa makan secara perlahan dapat meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi rasa lapar. Mengatur rasa lapar dan rasa kenyang, dapat menjadi strategi efektif untuk membantu mengelola berat badan,” tutur Stefanie.

Meski tidak sehat, tapi produk-produk diet di Instagram ini memiliki cara marketing yang pintar. Sehingga banyak pengguna Instagram, yang mengenyampingkan efek samping dari produk tersebut dan tetap membelinya.

Jika Anda ingin menurunkan atau menjaga berat badan. Paling baik untuk memulai perubahan kecil, dan menciptakan pola hidup sehat,” lanjut Valakas. Sementara Josh menyarankan untuk tetap mengonsumsi kopi biasa saja.

Jika Anda seorang peminum kopi, lebih baik menikmati secangkir kopi biasa. Kopi bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh, namun kafein bukan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.” pungkas Valakas.