Pria Angkat Motor Di Atas Kepala, Kok Bisa Ya

Pria Angkat Motor Di Atas Kepala, Kok Bisa Ya

Topikberita – Kalau kamu ingin tahu sebetulnya tubuh manusia bisa dibilang menakjubkan karena punya potensi untuk melakukan hal-hal yang mungkin tampak mustahil. Sebagai contoh misalnya sebuah video viral menunjukkan bagaimana seorang pria bisa menaikkan sepeda motor ke atas bus sendirian.

Pria tersebut melakukannya dengan menempatkan motor di atas kepala lalu perlahan naik tangga ke atap bus. Diperkirakan ia menahan beban motor yang mencapai sekitar 137 kilogram (kg).

Apakah hal tersebut rekayasa? Penelusuran topikberita menemukan bahwa hal tersebut tampaknya sudah biasa di daerah terkait. Ada beberapa video lainnya yang menunjukkan bahwa cara menaikkan motor seperti itu sudah biasa dilakukan.

Satu hal yang jelas bahwa beban motor yang berat ditopang oleh leher sang pria. Hal ini hanya bisa dilakukan bila tulang dan otot-ototnya sudah terlatih.

Menurut peneliti dari Cape Peninsula University of Technology kebiasaan mengangkat beban di atas kepala bisa jadi bukan hal yang baik. Eksperimen pada 24 wanita menemukan bahwa mengangkat barang di kepala menghabiskan kurang lebih energi yang sama dengan metode lain seperti dipanggul.

Malah mengangkat beban di kepala membuat risiko terjadinya cedera leher meningkat. Beberapa wanita bahkan melaporkan mereka harus dipijat karena lehernya kesakitan sehabis mengangkat barang.

Semua wanita dalam studi setuju bahwa mereka lebih memilih metode transportasi lain untuk membawa barang-barang penting seperti kayu bakar atau air,” ujar salah satu peneliti, Ray Lloyd, seperti dikutip dari Live Science, Jumat (1/6/2018).