Pelibatan TNI Tangani Terorisme Dibahas Usai Lebaran

Pelibatan TNI Tangani Terorisme Dibahas Usai Lebaran

Topikberita -Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly mengungkapkan pemerintah akan segera menerbitkan peraturan presiden (Perpres) terkait teknis pelibatan TNI dalam penanganan terorisme. Rencananya, pembahasan Perpres itu akan dilakukan usai Lebaran 1439 H.

Segera. Ya setelah ini habis hari raya,” kata Yasonna, usai rapat paripurna pengesahan RUU Antiterorisme, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (25/5/2018).
Yasonna menjelaskan, perumusan Perpres nantinya akan melibatkan stakeholder lainnya. Di antaranya, kata Yasonna, Kementerian Pertahanan, Kemenko Polhukam, TNI, Polri, BNPT, dan lainnya.
Kita dengar dulu semua. Nanti kita juga konsultasi dengan teman-teman di DPR,” ujarnya.
Sebelumnya, Yasonna mengatakan teknis pelibatan TNI dalam penanggulangan terorisme akan diatur dalam Perpres. Yasonna menjelaskan, TNI memang bisa menindak terorisme dalam operasi militer selain perang seperti yang diatur dalam UU TNI.
Pelibatan TNI kita atur di Perpres dalam rangka pemberantasan terorisme. Karena memang di UU TNI ada itu. Teknisnya ada. Pakai gradasi dia,” kata Yasonna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.