Korban Tewas Tsunami Selat Sunda Terus Bertambah

Tsunami, Bencana Alam, Selat Sunda

Jakarta, 25 Desember 2018 – Tsunami Selat Sunda yang terjadi pada tanggal 22 Desember lalu telah memakan banyak korban yang kebanyakan merupakan warga dari Kecamatan Anyer dan Cinangka. Tercatat 387 orang ditemukan tewas, 1.263 orang luka-luka, dan 211 orang dinyatakan hilang. Tidak hanya korban jiwa, ditemukan juga sebanyak 556 unit rumah rusak, 9 unit hotel rusak berat, 60 restoran rusak, serta 350 kapal dan perahu rusak.

Jumlah korban dan kerusakan ini diperkirakan akan terus bertambah karena belum semua korban berhasil dievakuasi karena adanya kendala karena akses jalan rusak dan tertutup oleh material hanyutan tsunami meski sebagiannya sudah bisa dijangkau dengan kendaraan dan alat berat.

Banyaknya korban dari bencana ini diduga karena tsunami dan gelombang pasang yang menerjang beberapa wilayah pantai di Selat sunda tidak dipicu gempa bumi yang biasanya menjadi tanda-tanda terjadinya tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan tim SAR gabungan terus melakukan penyisiran, evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban bencana tsunami di sepanjang daerah terdampak landaan tsunami di Selat Sunda.

Pada hari Sabtu (22/12) malam, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengajak seluruh elemen masyarakat di Aceh untuk menggalang bantuan untuk korban tsunami  sebagai bentuk solidaritas atas musibah tsunami yang menerjang Selat Sunda, Pantai Anyer, Banten, dan Lampung. Nova juga menyampaikan rasa duka mendalam dan turut mendoakan semua korban musibah untuk tetap tegar dan tabah dalam menghadapi situasi seperti ini.

Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek mengatakan, Pemerintah Aceh melalui BPBA dan Dinsos Aceh dengan dukungan Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh membuka dompet bantuan dana dan sumbangan lainnya untuk korban tsunami Selat Sunda. Untuk sementara, donasi bisa langsung ditransfer melalui rekening 20560100090554 (BRI KCP Peunayong) atas nama Bantuan Donasi Gempa Lombok atau diantar langsung ke Kantor BPBA di Banda Aceh.

Informasi selengkapnya mengenai aksi penggalangan donasi ‘Aceh Peduli Korban Tsunami Selat Sunda’ bisa menghubungi Kalak BPBA pada nomor hp 08126933147 atau Ketua F-PRB Aceh 0811688898.