Kanker Kulit Bisa Menyerang Daerah Kemaluan Lho

Kanker Kulit Bisa Menyerang Daerah Kemaluan Lho

Topikberita – Kanker kulit bisa menyerang di bagian tubuh mana saja, tidak terkecuali bagian kulit yang tidak terpapar sinar matahari seperti daerah kemaluan.

Kanker kulit yang paling umum terjadi di daerah kemaluan adalah kanker skuamosa vulva dan melanoma vulva. Kanker skuamosa disebabkan oleh perubahan pada sel-sel kulit yang melapisi vagina dan vulva (bagian luar vagina). Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Klinik Cleveland, dr Robert Debernardo, MD mengatakan bahwa kanker jenis ini sering menyerang orang berusia 70-an.

Sedangkan kanker melanoma adalah bentuk kanker yang paling umum kedua. Kanker jenis ini menyerang sel melanosit yang memproduksi melanin, yakni zat yang memberi warna pada kulit. Kanker melanoma bukan hanya bisa terjadi pada usia tua, usia muda pun berisiko terkena kanker ini.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, kedua jenis kanker ini jarang terjadi, hanya sekitar 6 persen. Kanker ini pun sulit untuk dideteksi.

Kanker melanoma vulva biasanya bergejala dengan adanya tanda hitam atau coklat pada kulit vulva, namun itu bisa jadi merupakan perubahan pigmen kulit yang biasa. Sementara gejala kanker skuamosa bisa berupa benjolan, luka, ruam, atau bahkan kutil di daerah vulva dan vagina.

Ini adalah salah satu alasan yang kami sarankan pada wanita untuk rutin mengunjungi ginekolog setiap tahun,” kata dr Robert dikutip dari Health.

Dokter akan memeriksa vulva dan vagina Anda untuk melihat apakah ada tanda-tanda kanker kulit vulva. Dokter kulit dapat menunjukkan tahi lalat yang berpotensi kanker, dokter obgyn tahu pigmen dan perubahan kulit mana yang berisiko. Mereka akan tahu mana yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut dengan biopsi,” jelasnya.

Dr. Robert juga meyarankan pada semua wanita untuk menyadari adanya perubahan yang terjadi pada tubuhnya, misal di daerah kemaluan dan payudaranya.