Jangan Dipecahkan Sendir Ini 4 Langkah Penanganan Bisul

Jangan Dipecahkan Sendir Ini 4 Langkah Penanganan Bisul

Topikberita – Bisul bisa muncul di mana saja, terutama wajah, ketiak, bahu dan juga bokong. Bisul terjadi karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke folikel rambut akibat luka.

Meski tidak berbahaya, bisul bisa sangat mengganggu. Bisul di wajah bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Belum lagi rasa nyeri yang didapat jika bisul ada di paha atau ketiak.

Karena itu, pakar menyarankan untuk tidak memecahkan sendiri bisul yang berisi nanah. Situs WebMD memberikan panduan penanganan bisul tanpa dipecahkan, apa saja?

1. Tunggu pecah sendiri

Bisul biasanya bisa sembuh sendiri tanpa perlu penanganan medis dokter. Karena, tidak perlu memencet bisul atau menusuknya dengan peniti, yang malah bisa menyebabkan luka.

2. Kompres air hangat

Salah satu cara untuk mempercepat pecahnya bisul adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. Mengompres bisul dengan air hangat bisa mengurangi nyeri sekaligus mengumpulkan nanah di puncak bisul.

3. Bersihkan dengan alkohol

Jika bisul sudah pecah, bersihkan nanah dan cairan yang keluar dengan kain kasan ditambah alkohol. Jangan lupa untuk menutup bekas luka bisul yang pecah untuk menghindari infeksi lanjutan.

4. Jangan sentuh bisul dengan tangan

Ingat, jangan sekali-kali menyentuh bisul, baik yang sudah pecah ataupun belum, dengan tangan tanpa mencuci dan membersihkannya dengan sabun. Hal ini untuk menghindari bisul bertambah besar karena adanya infeksi dan kotoran dari tangan.

5. Kapan ke dokter

Jika bisul terasa nyeri, kamu bisa meminum obat pereda sakit (analgesik) seperti parasetamol. Namun jika bisul sudah bertambah besar dan mulai mengganggu keseharian, segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan lanjutan.