Israel Panggil Dubes 3 Negara Yang Akan Selidiki Pembantaian Gaza

Israel Panggil Dubes 3 Negara Yang Akan Selidiki Pembantaian Gaza

Topikberita – Israel telah memanggil para duta besar (dubes) dari tiga negara di Eropa, Spanyol, Slovenia, dan Belgia. Pemanggilan tersebut terkait dengan penyelidikan PBB atas penembakan terhadap puluhan warga Palestina.

Dilansir dari AFP, Selasa (22/5/2018), Kementerian Luar Negeri menyatakan dalam sebuah keterangan bahwa duta besar Spanyol dan Slovenia dipanggil pada hari Senin (21/5) kemarin sementara dubes Belgia akan diterima pada hari ini.

Sebelumnya pada Jumat (18/5), Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengambil sikap mengirim tim investigasi kejahatan perang untuk menyelidiki penembakan di Gaza. Tiga negara yang dipanggil Israel di atas adalah sebagian dari 29 negara yang mendukung investigasi itu.

Hanya dua dari 47 Dewan Keamanan PBB yang menolak resolusi investigasi terhadap pembantaian di Gaza itu. Dua negara itu adalah Amerika Serikat (AS) dan Australia. 14 Negara lainnya abstain, termasuk Inggris, Swiss, dan Jerman.

Seperti diketahui, Palestina mulai memprotes perbatasan Gaza-Israel pada 30 Maret untuk hak kembali ke rumah-rumah keluarga mereka, melarikan diri atau diusir dari tahun 1948, selama perang seputar penciptaan Israel. Sekitar 118 orang Palestina telah tewas oleh tembakan Israel.

Tidak ada orang Israel yang terbunuh dalam rentang waktu itu.

Protes pun kian memuncak ketika Amerika Serikat (AS) pada tanggal 14 Mei, hari ketika Amerika Serikat memindahkan kedutaannya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Puluhan ribu orang memprotes perbatasan Gaza hari itu, dengan 62 tewas oleh tembakan Israel.

Israel mengatakan tindakannya diperlukan untuk mempertahankan perbatasan dan menghentikan infiltrasi massa dari wilayah itu.