Heboh Naruto Ikut Warga Bersih-bersih Bengawan Solo

Heboh Naruto Ikut Warga Bersih-bersih Bengawan Solo

Topikberita – Terlihat ada Naruto di Bengawan Solo. Apakah Naruto sedang pencitraan hokage (pemimpin desa)?
Tentu saja ini bukan Naruto asli, karena Naruto memang tidak ada di dunia nyata melainkan di anime saja. Namun foto Naruto kerja bakti di Bengawan Solo ini menjadi populer gara-gara unggahan di akun Facebook.

Pemandangan Naruto yang berambut kuning dan berpakaian mencolok nampak menarik perhatian. Dia memegang cangkul menghadap gundukan sampah. Di kanan dan kirinya ada pria-pria biasa berpakaian normal. Kenapa orang ini begitu unik?

Ternyata dia hanya seorang penghobi cosplay, suka berkostum ala tokoh kartun. Dia adalah pemuda bernama David Widyatmojo, membersihkan kawasan Jembatan Jurug, Bengawan Solo, Surakarta, Jawa Tengah, pada 16 Mei 2018 kemarin.

Usia saya 26 tahun, baru kemarin ulang tahun. Ulang tahunnya membersihkan sungai dengan menjadi Naruto,” kata David kepada topikberitacom, Selasa (22/5/2018).

Dia mengaku mengagumi sosok Naruto yang keren. Dia berharap penampilan nyentriknya itu bisa mengilhami orang-orang untuk ikut membersihkan sungai dan menjaga lingkungan. Pertarungan Naruto di cerita fiksi menyemangatinya untuk bertarung melawan sampah Bengawan Solo.

Sebagai cosplayer, saya menikmati peran karakter Naruto yang bertempur di medan perang. Saya dan para relawan bertugas mengurangi risiko bencana dan merawat sungai. Ini sekaligus mengajarkan kepada orang lain agar mau merawat alam ini,” kata David yang merupakan relawan Palang merah Indonesia (PMI) Surakarta dan Anggota SAR Perum Jasa Tirta.

Pekerjaan membersihkan tumpukan sampah itu memang butuh semangat seorang petempur. Soalnya, tumpukan sampah setinggi hampir 4 meter, terdiri atas pelbagai macam sampah.

Sampah kayu itu bisa merusak jembatan,” kata dia.

Dia sangat bahagia saat ada orang yang ikut membersihkan sungai gara-gara tertarik oleh penampilan Narutonya. Mereka adalah orang-orang penggemar Naruto juga.

Ini adalah karya cosplayer yang memiliki dampak untuk pelestarian alam dan kemanusiaan,” katanya, sambil ngakak.

Naruto yang punya karakter penuh semangat menjadi sumber inspirasinya selama ini. Dia sudah menjadi cosplayer sejak 2013. Dia juga membuat senjata-senjata untuk pentas cosplay. Namun kini pekerjaan utamanya adalah urban farming’.

Kostum Naruto dia bikin sendiri, warnanya oranye karena memang supaya mirip dengan seragam SAR. Rambutnya yang kuning itu bukan rambut asli, saudara-saudara! Itu wig. Total biaya yang dia habiskan demi penampilan di Bengawan Solo itu adalah Rp 500 ribu.

Ini kan tahun politik nih, jangan-jangan ini cuma cara Naruto pencitraan jadi Hokage di Konoha?