Cara Mengatasi Mood Swing : Moody-an

Cara Mengatasi Mood Swing : Moody-an

Moody-an/Mood Swing. Kata yang satu ini rasanya sering ditujukan kepada teman atau orang yang mudah sekali berubah suasana hatinya.

Apa itu pengertian moody ?

“Moody” berasal dari kata “mood” di dalam bahasa inggris. “Mood” jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya adalah “suasana hati, keadaan jiwa, keadaan hati, keadaan pikiran” (via : google translate). Sedangkan kata “Moody” jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia Memiliki arti “Murung, muram, atau yang berubah suasana hatinya” (via : google translate).

Moody dalam kamus bahasa inggris google, memiliki makna “(of a person) given to unpredictable changes of mood, especially sudden bouts of gloominess or sullenness”. Jika diterjemahkan, maka moody memiliki makna “(Seseorang) yang memiliki perubahan suasana hati yang tidak terduga, terutama kesedihan dan kejengkelan.”

Seperti yang sudah diterangkan diatas. Pengertian moody jika dijabarkan adalah “Seseorang yang memiliki suasana hati / pikiran (emosi) yang mudah berubah-ubah, kadang sedih, kadang juga menjadi senang”. Orang yang memiliki kepribadian yang moody memiliki suasana hati yang mudah berubah, mereka memiliki perasaan yang labil, Mudah tersinggung dan juga sensitif. Entah karena suatu penyebab yang jelas ataupun tidak, orang yang moody dapat berubah perasaan atau emosinya. Semua tindak-tanduk dan perkataan mereka didasari oleh mood / suasana hati yang sedang mereka alami.

Sifat / pribadi Moody dalam dunia psikologi

Sifat Moody dapat juga diturunkan dari orang tua (gen). Namun kebanyakan merupakan sifat hasil bentukan lingkungan tempat mereka (orang moody) tinggal. Sifat moody menandakan adanya kekacauan pikiran dalam diri seseorang. Dalam dunia psikologi disebut juga sebagai Mood disorder. Mood disorder merupakan gejala kacaunya atau ketidak beraturan nya suasana hati seseorang. Gejala mood disorder tersebut, menandakan seseorang yang memiliki pribadi moody sedang mengalami depresi ringan. Jika tidak segera diatasi, takutnya akan menjadi parah dan malah menjadi Bipolar.

Bipolar disorder adalah suatu penyakit mental yang membuat mood atau suasana hati seseorang berubah dengan sangat cepat. Kadang sedih sangat mendalam (depresi) dan juga kadang menjadi sangat senang (mania), perubahan emosi tersebut dapat berubah dengan cepat (mood swing), tanpa sebab yang jelas. Mereka dapat saja tiba-tiba menangis dan merasa sangat sedih. Kemudian tertawa karena tiba-tiba merasa senang.

Namun bagi anda yang memiliki sifat moody tidak perlu khawatir, hal yang tersebut diatas merupakan kemungkinan terburuknya saja. Selebihnya, sifat moody memang karena pengaruh perubahan dan ketidak seimbangan hormon, misalnya pada masa pubertas dan pada saat pms. Ketidak seimbangan hormon membuat suasana hati orang menjadi mudah berubah dan juga menjadi sangat labil.

Ketika dewasa, hal tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Jika anda seorang introvert, anda mungkin akan lebih sering menjadi pribadi yang moody. Karena memang kebanyakan orang introvert, bergerak sesuai apa yang ada di dalam hati dan pikiran mereka sendiri.

Jika anda sering mengalami stres, banyak beban pikiran, dan memiliki sifat moody. Berarti anda sedang mengalami depresi ringan. Segera saja konsultasikan kesehatan anda kepada dokter atau psikolog yang terkait. Agar suasana hati anda segera membaik.

Cara mengatasi sifat moody

Bagi anda yang moodyan, sebaiknya lakukanlah langkah-langkah dibawah ini. Agar anda tidak merugikan diri sendiri dan orang lain karena perilaku anda sendiri.

  • Hindari stres dan juga kecapek’an
    Jika anda seseorang yang moody, maka jangan sering-sering capek dan juga stres. Karena hal tersebut dapat memperburuk sifat moody anda. Perbanyaklah istirahat dan juga menenangkan diri anda sendiri. Agar anda lebih sering menjadi good mood daripada menjadi bad mood. Apalagi jika anda sering begadang, hal tersebut dapat memperparah kondisi fisik dan mental anda. Sehingga anda akan menjadi lebih sering marah-marah.
  • Mulai memperbaiki waktu tidur
    Biasanya suasana hati mudah berubah jadi buruk ketika kurang tidur. Untuk itu, biasakan buat tidur antara tujuh sampai delapan jam perhari. Selain bisa membuat tubuh segar, jadwal tidur yang teratur ini juga bisa membuat Anda lebih mudah fokus dan produktif.
  • Rutin olahraga
    Selain baik untuk kebugaran tubuh, olahraga juga sangat baik buat suasana hati. Olahraga secara rutin dan teratur bisa membuat peredaran darah jadi lancar sehingga dapat membantu keseimbangan emosi.
  • Konsultasi dengan Orang Terdekat atau Profesional
    Jika Anda sudah mencoba semua hal di atas dan Anda masih tidak merasa memiliki mood yang bagus, jangan ragu untuk menceritakan masalah yang Anda rasakan ke teman atau orang yang Anda percayai. Selain itu, dokter atau konselor kesehatan mental mungkin akan bisa membantu dengan terapi dan hal lainnya yang bisa membuat mood Anda semakin baik secara medis.

Sifat atau pribadi moody dapat menjadi parah jika tidak segera diatasi. Namun jangan khawatir, jika anda masih remaja dan juga sedang mens atau hamil, hal itu wajar bagi anda. Karena pengaruh ketidak seimbangan hormon. Karena hal tersebut dapat membuat mood anda menjadi kacau dan agak terganggu.

Bagi anda yang introvert, carilah teman, walaupun sedikit. Yang penting anda terhindar dari kesepian dan juga stres. Agar pribadi anda menjadi lebih baik, dan sifat moody anda dapat ditekan.

Bagi yang lain, hindari stres dan juga depresi. Perbanyak istirahat dan relaksasi, agar hidup anda menjadi tenang dan menjadi lebih baik. Perbanyak ibadah, agar anda terhindar dari gangguan jin (setan) yang berupaya mengganggu hidup anda.