Begini Rasanya Duduk di Kabin Honda NSX

Begini Rasanya Duduk di Kabin Honda NSX

Topikberita – PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan mobil sport bermesin hybrid di Indonesia, yaitu Honda NSX. Mobil itu memang belum dijual massal, tapi hanya untuk display di Honda Gallery yang ada di Indonesia sepanjang April-Juni 2018.

Topikberita pun mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam kabin Honda NSX. Sebagai gambaran, Honda NSX merupakan sebuah mobil sport berkapasitas dua orang penumpang. Mobil ini diproduksi di Performance Manufacturing Center, Ohio, Amerika.

Mobil ini hadir dengan bahan aluminium yang ringan tapi kokoh. Diklaim, Honda NSX memaksimalkan pengalaman berkendara yang sporty sebagai representasi dari NSX: New Sports eXperience.

Sebelum masuk ke dalam mobil, topikberita melihat dari dekat eksteriornya. Mobil sport Honda NSX ini memiliki desain yang aerodinamis ala mobil balap.

Lekukan-lekukan bodinya sangat sporty sehingga dipercaya bisa menyalurkan angin tanpa banyak menghambat laju. Di bagian roda bisa dilihat rem berbahan keramik karbon serta suspensi aluminum untuk performa yang maksimal. Sedangkan untuk menjaga suhu mesin, Honda NSX telah dilengkapi dengan 10 pipa udara.

Begini Rasanya Duduk di Kabin Honda NSX

Saatnya masuk ke kabin NSX. Pintu Honda NSX ini cukup unik. Kalau pintunya terkunci, maka gagang pintunya akan tersimpan ke dalam, rata dengan bodi. Ketika ditekan tombol membuka kunci di remote, maka handle pintu akan keluar dari sarangnya, dan kita jadi bisa membuka pintunya dengan menarik handle.

Setelah pintu terbuka, aura khas mobil sport terasa kental. Jok sporty berbahan kulit hadir dengan warna yang kontras, hitam dan merah. Ditambah lagi dengan jahitan rapi yang memberikan kesan premium di interior.

Material kelas wahid menjadi pilihan Honda untuk menghiasi interior NSX. Selain lapisan kulit, beberapa panel serat karbon juga hadir di dalam mobil.

Ketika duduk di bangku sopir, topikberita merasa seperti berada di mobil sport lainnya, mungkin mirip-mirip seperti duduk di sebuah Porsche atau Ferrari. Jok bucket seat seakan memeluk dari belakang, sangat sporty.

Di panel tengah ada banyak tombol. Jangan heran kalau tidak ada tongkat persneling di konsol tengah karena semua digantikan dengan tombol-tombol. Begitu pun dengan rem parkirnya yang sudah pakai electric parking brake.

Kalau mau merasakan kesan sporty, pengguna mobil ini bisa menggunakan mode transmisi manual. Ganti gigi bisa menggunakan paddle shifter yang ada di balik kemudi.

Setir dilengkapi fitur Electric Power Steering (EPS) untuk mendukung kelincahan dan kesenangan berkendara. Sedangkan untuk hiburan di perjalanan, Honda NSX dilengkapi audio berkualitas premium dari ELS Studio yang dilengkapi 9 speaker untuk memberikan kualitas suara yang setara dengan studio pribadi.

Layar hiburannya pun cukup interaktif. Layarnya terbilang cukup sensitif untuk dioperasikan, meski masih menggunakan bahasa Jepang.

Honda NSX memiliki 4 mode berkendara, yakni Quiet Mode dengan suara mesin yang sangat halus dan cocok digunakan untuk berkendara di kawasan perumahan, ditandai dengan lampu indikator berwarna biru. Sport Mode juga hadir sebagai mode standar untuk menghasilkan mesin yang bertenaga dengan suara rendah, cocok untuk digunakan bermanuver ditengah kota dan ditandai dengan lampu indikator berwarna abu-abu.

Selanjutnya, pengendara dapat memilih Sport+ Mode untuk tenaga mesin yang lebih agresif dan akselerasi lebih cepat, serta lampu indikator akan seketika berubah warna menjadi merah. Sedangkan apabila pengendara menginginkan performa yang paling maksimal untuk berlaga di sirkuit, Track Mode dapat dipilih untuk mengeluarkan tenaga tertinggi Honda NSX dengan sensasi raungan mesin yang sangat terasa dan lampu indikator berwarna merah menyala.

Urusan jantung pacu, Honda NSX menggendong mesin V6 DOHC Twin-Turbo berkapasitas 3.5 liter. Tenaga yang diembuskan bisa mencapai 500 daya kuda pada 6.500-7.500 rpm dengan torsi maksimal 550 Nm (406 lb-ft) pada 2.000-6.000 rpm. Sebagai gambaran, tenaga mesin itu setara dengan beberapa mobil keluaran Porsche, atau mobil lain dengan mesin V8.

Mobil ini bisa berakselerasi dari 0-96 km/jam dalam 2,7 detik. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 307 km/jam.

Selain perpaduan mesin berbahan bakar dan hybrid, performa Honda NSX juga didukung transmisi dual-clutch 9 percepatan dan penggerak All Wheel Drive (AWD) dengan dua motor elektrik di bagian depan dan satu motor elektrik di bagian belakang. Motor listrik itu berfungsi mendistribusikan tenaga serta memaksimalkan traksi pada setiap roda, untuk menghasilkan pengendalian yang presisi walaupun dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Sayangnya, HPM belum resmi menjual NSX di Indonesia. Karenanya, topikberita belum bisa merasakan langsung mobil sport ini di aspal. Jadi penasaran seberapa galaknya mobil ini. Semoga Honda segera menghadirkannya di Indonesia.