Awal Sejara Kondom Tercipta di Dunia

Awal Sejara Kondom Tercipta di Dunia

TOPIKBERITA.COM – Kondom sudah dikenal lama oleh orang, bahkan lebih lama dari yg kita kira pada umumnya Sejak 1000SM, orang2 Mesir kuno sudah memakai kondom yg terbuat dari serat linen. Nggak jelas sih, sebenernya digunakan untuk kontrasepsi ataukah untuk keperluan ritual?

Ada bukti bahwa kondom sudah dipakai orang-orang di eropa sejak seabad sebelum masehi, berdasar lukisan dalam goa di Combralles, Perancis Tapi belum bisa dipastikan juga maksud lukisan kondom tsb, bagian upacara ritualkah ato hanya sekedar menambah ke-pede-an seorang laki2 seputar sex?

Publikasi deskriptif dan pengamatan terhadap kondom sebagai alat pencegah penyakit pertama kali dilakukan oleh Gabrielle Fallopius awal abad 16 Fallopius, orang Italia ini mengklaim menemukan kondom yg terbuat dari linen dan melakukan uji cobanya kepada 1100 orang laki2. Sebelumnya orang-orang eropa memakai kondom yg dibuat dari usus domba yg babi yg dibalik, bayangkan aja bagaimana bentuknya, ada ulir2 yg polanya acak gitu Fallopius memberi pengetahauan baru bagi orang-orang eropah tentang fungsi kondom selain hanya sekedar utk gagah2an. Pd abad ke 16 juga kondom mulai dikenal sebagai sarana pencegah kehamilan. Diawali percobaan terhadap linen yg dibasahi dgn cairan kimia Linen yg direndam dlm cairan kimia lalu dikeringkan kemudian dipakai sbg kondom oleh seorang laki2, ternyata bahan linen itu dapat mematikan sperma.

Abad 17

kondom mulai populer dipakai sbg penangkal penyakit kelamin. Bekas2 kondom banyak ditemukan direruntuhan Dudle Castle, dekat Birmingham, Inggris. Catatan: Perang antara pengikut Oliver Cromwell vs prajurit2 Raja Charles I, melibatkan banyak PSK perempuan. Keterlibatan banyak PSK dalam perang itu yg menyebabkan banyak prajurit yg tertular penyakit kelamin, pasukan jadi lemah. Dan untuk menanggulangi, maka para prajurit diperintahkan memakai kondom saat melakukan hubungan seks dengan para PSK.

Beberapa orang berpendapat sebutan kondom diambil dari nama “Dr. Condom”, yg menyuplai Raja Inggris King Arthur II sarung penis yg dibuat dari usus binatang. Pendapat lain, berasal dari nama “Kolonel Cundum”. Tapi mayoritas percaya berasal dari kata latin “condom” yang berarti bisa dipakai.

Abad 18

Denbagus Cassanova si playboy “cap kucing” yg legendaris itu, konon juga memakai kondom yg terbuat dari kain linen dalam setiap aksinya. Perilaku orang yg satu ini sebetulnya banyak yg mengindikasikan bahwa dia tidak percaya diri alias minderan. Sejarah kondom karet baru tercetus pd thn 1839. Ketika itu dimulai dengan Charles Goodyear (dia lagi dia lagi) menemukan cara vulkanisasi ban mobil. orang ini juga yg membuat sarung tangan karet pertama. Selain berbisnis ban, Goodyear juga mendesain kondom karet. Dan pada tahun 1844, hak paten kondom karet jatuh ke tangan Charles Goodyear!!! 1894, Goodyear dan Hancock memproduksi secara massal kondom terbuat dari karet yang divulkanisasikan menjadi lebih elastis dan kuat.

Pada Tahun 1861 iklan kondom pertama dipublikasikan di harian Amerika (Amerika Daily), “The New York Times”, saat tu dicetak untuk iklan layanan pencegahan penyakit kelamin. Pemakaian secara luas kondom lateks terjadi tahun 1930-an. Tahun 1935 sebanyak 1,5 juta kondom diproduksi setiap harinya di AS.

Uniknya, meskipun sudah tersedia kondom latex yang lebih ‘nyaman’, tapi waktu itu masih ada beberapa orang yang tidak mau memakainya. Hingga 1940-1950an masih banyak kondom dibuat dibuat dari usus domba. Setelah dipakai, kondom usus domba yg telah diawetkan ini tidak dibuang. Kondom yang terbuat usus domba ini bisa pakai dicuci lagi, dilumuri jelly, lalu disimpan di kotak kayu. Jadi, kalau diperlukan lagi sewaktu2, kondom reusable itu dapat langsung dipakai. Gitu caranya dulu 🙂

Awal abad 20

Para aktivis di Amerika Serikat, The American Social Hygiene Association mementang keras pemakaian kondom Alasannya: “seorang yang berhubungan seks dengan PSK, ya wajar jika tertular penyakit kelamin”. Bahkan ada petinggi AL AS berpendapat, memakai kondom= amoral! Meski begitu saat pelaut AS dikirim untuk berperang, kondom secara diam2 dibagikan oleh sang asisten petinggi militer AL yg berkoar2 soal moral tsb. 1933, sang asisten tersebut itu ternyata terpilih jadi Presiden dan memerintah AS selama 12 thn. Dia adalah Franklin Delano Roosevelt.

Pamor kondom mulai meredup seusai perang dunia II. Tapi mulai cerah lagi ketika memasuki dekade 1960an krn revolusi perilaku seksual, terutama di Amerika. Hubungan seks pra dan di luar pernikahan makin terbuka. Khususnya kaum perempuan AS, mereka menuntut hak yg sama seperti laki2 yg bebas melakukan hubungan seksual dengan siapa saja. Lha kok enak laki2 boleh tapi perempuan dilarang, gitu kira2. Pamor kondom jadi turun lagi, karna kaum laki2 lebih memilih perempuan non PSK yg dianggap lebih “bersih”. Kondom dianggap tidak diperlukan. Pamor makin turun sejak munculnya obat2 atibiotik baru yg bisa menyembuhkan penyakit2 kelamin klasik: sipilis dan GO (kencing nanah).

Alat2 kontrasepsi baru yg lebih praktis dan nyaman, seperti IUD dan pil ikut2an menggempur popularitas kondom Kejayaan kondom mulai bangkit lagi di tahun 1980-an, ketika AIDS mulai menghantui segala penjuru dunia. Kondom bisa dibilang cara yg paling praktis dan gampang untk mencegah penularan HIV. Meskipun efektifitasnya jelas tidak mutlak Tapi setidaknya pemakaian kondom jelas2 mengurangi resiko tertular dan menularkan.

Tahun 1990-an

mulai dipasarkan kondom dg warna dan aroma yang berbeda2. Kontur permukaan kondomnya juga bervariasi, ada yg bergerigi. Thn 1990an, utk pertama kalinya tersedia kondom polyurethane. Thn 1992 di Eropa, diperkenalkan kondom utk kaum perempuan, dikenal dengan femidom. Jadi, kondom memang sudah dikenal orang-orang sejak lama, sebagai alat bantu ritual, penambah pe-de untuk kaum laki2, pencegah penularan penyakit dan kontrasepsi Dan memasuki era milenium ke 3, kondom bukan lagi hal tabu, bocah usia 12 tahunpun kini sudah mengenal yang namanya komdom, dan juga sudah banyak yg menggunakan kini.