5 Manfaat Yoghurt, Salah Satunya Atasi Infeksi Vagina

5 Manfaat Yoghurt, Salah Satunya Atasi Infeksi Vagina

5 Manfaat Yoghurt, Salah Satunya Atasi Infeksi Vagina

Camilan manis dan mengandung susu memang sangat menggoda untuk sebagian orang, apalagi yang sedang dalam program diet. Sayang, masih ada orang yang salah kaprah saat diet dan menghindari makanan sehat yang dianggap bisa menambah berat badan, salah satunya yoghurt

kesegaran yoghurt merupakan salah satu hal yang dihindari orang karena adanya kandungan lemak susu di dalamnya. Namun, ahli kesehatan lulusan Universitas Indonesia, Karin Wiradarma, menegaskan bahwa yoghurt merupakan camilan sehat.

Manfaat yoghurt sudah banyak diakui dan dirasakan banyak orang. Jika Anda masih ragu tentang manfaat olahan susu fermentasi, sekadar mengingatkan berikut beberapa manfaatnya bagi kesehatan Anda dan perannya untuk melangsingkan tubuh.

 

  1. Menjaga kesehatan area intim perempuan


    Salah satu bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt adalah bakteri Lactobacillus. Bakteri tersebut, kata Karin, dapat membantu menjaga kestabilan pH atau kadar keasaman daerah intim wanita. Bakteri probiotik ini akan membantu membunuh jamur dan mengurangi risiko infeksi jamur.

  2. Melancarkan Pencernaan


    Yoghurt difermentasi dengan bakteri Lactobacillus. Setelah dikonsumsi, bakteri ini akan mendominasi lingkungan dalam usus.

  3. Menjaga kestabilan berat badan


    Yoghurt mengandung vitamin B2 dan B12. Menurut Karin, kedua vitamin ini akan membantu mengolah karbohidrat menjadi energi. Selain itu, yoghurt juga membuat efek kenyang yang lebih lama. Hal ini disebabkan karena kandungan seratnya yang sangat tinggi.

  4. Menurunkan potensi hipertensi


    Hipertensi adalah salah penyakit utama penyebab kematian di dunia. Dengan mengonsumsi yoghurt, orang dapat menurunkan potensi terkena hipertensi.

  5. Menguatkan tulang

    Seperti kandungan susu yang lain, yoghurt juga memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Kalsium ini merupakan bagian penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang manusia. Kalsium juga dapat menjaga kekuatan tulang pada orang dewasa.

Tak hanya untuk anak-anak dan orang dewasa, kalsium juga bermanfaat bagi para lansia (lanjut usia). Menurut Karin, kalsium bermanfaat untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang, terutama pada perempuan yang memasuki masa menopause.