TPU Di Jakbar Tempat Jenazah Dibuang yang Bikin Heboh

TPU Di Jakbar Tempat Jenazah Dibuang yang Bikin Heboh

Topikberita – Media sosial dihebohkan oleh foto jenazah yang terlihat seperti dibuang di area semak-semak tempat pemakaman umum (TPU). Begini lokasi pemakaman tersebut.

Berdasarkan informasi dari Kabid TPU Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Siti Hasmi, lokasi pemakaman berada di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. topikberita kemudian menelusuri lokasi yang bikin heboh tersebut.

Pantauan topikberita di lokasi, Sabtu (26/5/2018), lokasi pemakaman bagi Jenazah tunawan ini berada tengah TPU Tegal Alur, yaitu pada Blok A-III. Jenazah tunawan sendiri merupakan jenazah yang terlantar atau jauh dari keluarga.

Berbeda dengan foto yang beredar di media sosial, lokasi pemakaman tampak bersih dari rumput dan ilalang. Rupanya lokasi di pemakaman tersebut memang sudah dibersihkan sebelumnya.

Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorang (PJLP) TPU Tegal Alur, Abdul Rohman membenarkan foto yang beredar terdapat di lokasi tersebut. Namun menurutnya foto tersebut telah lama diambil sebelum dilakukan pemotongan rumput.

Iya, ini (foto lokasi) di sini belum (rumput) lama dibabat, ini pas di foto pas lagi bala ini, lagi tinggi rumputnya, alang-alang semua, itu aja udah tinggi lagi,” ujar Abdul.

Ia mengatakan pemakaman selalu dibersihkan. Menurutnya pembersihan lokasi pemakaman dilakukan secara menyeluruh yang dimulai dari Blok AA-1.

Kalau pembabatan kita menyeluruh global, mau yang retribusi mau yang engga pembabatan sama-semua. Jadi yang mana yang giliranya di babat ya udah kita puter. Kita mulai dari depankan AA-1 itukan retrebusi, kalau A3 itu non retrebusi,” kata Abdul.

Diketahui pemakaman ini terdiri beberapa blok yaitu AA-I, AA-II, A-I, A-II dan A-III. Menurutnya pembersihan rumput kerap mengalami kendala karena alatnya yang minim dan luasnya lahan pemakaman.

Cuma kita nunggu puteranya itu sampe titik awal nanti balik lagi ke titik akhir, bisa dua bulan, kadang-kadang satu bulan udah keputer, tergantung medannya juga, apalagi kalau musim hujan rumput cepet banget tingginya, apalagi alat kita kan minim,” tuturnya.